VISI

Melahirkan anak-anak yang mandiri, berkarakter, berketerampilan, dan peduli akan peningkatan harkat hidup orang banyak.

KARATERISTIK KOMUNITAS

Publik terbuka, ini adalah milik publik dan akan dijalankan bersama-sama dengan semua publik tanpa terkecuali. Karena ini publik terbuka, maka semua orang yang mau terlibat akan sangat diterima dalam komunitas ini selama ia mau melakukan hal ini dengan tulus tanpa mengharapkan sesuatu yang menguntungkan kesombongan dirinya sendiri.

LATAR BELAKANG KOMUNITAS

Kegiatan mengajar dimulai pada tahun 2010 yang digagas oleh beberapa mahasiswa. Latar belakang dimulainya kegiatan mengajar adalah adanya beberapa mahasiswa yang merasa bersyukur karena mereka bisa memperoleh pendidikan sampai di perguruan tinggi dan masih bisa memperoleh kehidupan yang layak. Mereka melihat masih banyak anak-anak di Manado yang tidak bersekolah dan pekerjaannya hanya memintaminta. Walaupun ada yang bersekolah, anak-anak tersebut berjualan di jam sekolah padahal mereka sangat memerlukan pendidikan yang maksimal. Selain itu, ada anak-anak yang mengemis di jalanan untuk mendapatkan uang. Beberapa mahasiswa tersebut berpikir hal tersebut sangat tidak baik dan mereka merasa harus melakukan sesuatu untuk kota Manado terutama untuk anak-anak tersebut.Memberikan pendidikan merupakan hal yang tepat untuk mengubah pola pikir dan kehidupan anak-anak tersebut.

STRUKTUR KOMUNITAS

Sejak dimulainya kegiatan mengajar dari tahun 2010, komunitas ini memiliki struktur koordinasi yaitu penggagas komunitas, pengurus komunitas, dan relawan. Penggagas komunitas merupakan orang-orang yang memulai kegiatan mengajar anak-anak. Penggagas komunitas menjaga dan mengarahkan kegiatan mengajar tetap berpedoman pada visi awal dimulainya komunitas. Pengurus komunitas merupakan orang-orang yang dipercayakan oleh penggagas komunitas untuk berkomitmen memastikan kegiatan mengajar tetap berjalan. Pengurus komunitas melakukan rapat untuk menentukan program-program yang akan dijalankan. Setiap tahun dibentuk kepengurusan baru guna mendatangkan partisipasi publik yang mengacu kepada karateristik Dinding Manado itu sendiri. Relawan merupakan orang-orang yang berpartisipasi dalam kegiatan mengajar. Setiap relawan yang berkomitmen untuk aktif dalam kegiatan mengajar akan ditawarkan untuk menjadi pengurus.

JUMLAH ADIK DAN KEANGGOTAAN

Jumlah adik-adik yang terdata aktif mengikuti kegiatan ada sekitar 60 orang. Jumlah pengurus masa kepengurusan 2017/2018 ada 18 orang. Jumlah tersebut belum termasuk dengan orang-orang yang telah menjadi pengurus di kepengurusan-pengurusan sebelumnya. Jumlah relawan tidak menentu dikarenakan relawan tidak memiliki tanggung jawab seperti pengurus untuk mengurus dan mengikuti kegiatan mengajar setiap minggu termasuk kesibukan dari relawan tersebut.

SUMBER DANA

Dana yang diperoleh untuk kegiatan mengajar diperoleh dari kumpul koin dengan cara presentasi ke kampus-kampus, jualan kue, jualan kaos; sumbangan dari korporasi, yayasan, dan organisasi-organisasi mahasiswa yang datang ke kegiatan mengajar. Dana tersebut digunakan untuk mencetak soal-soal latihan, membeli makanan dan minuman, peralatan tulis, meja lipat, dan pengalas lantai seperti terpal pada saat kegiatan mengajar.

KEGIATAN MENGAJAR

Kegiatan mengajar pada hari Sabtu lebih terfokus kepada peningkatan kemampuan akademik adik-adik.

Lokasi : Pasar Bersehati Manado
Hari : Sabtu
Jam : 13.00 WITA

KEGIATAN SUMMER CAMP

Kegiatan Summer Camp lebih terfokus kepada pembentukan karakter adik-adik tersebut. Kegiatan Summer Camp dilaksanakan pada pertengahan tahun dan dilaksanakan selama 2 hari 1 malam.